SARIANTO PRAGA SANJAYA

Bahaya Penyalahgunaan Teknologi Reviewed by Unknown on 5:31 PM Rating: 5

Bahaya Penyalahgunaan Teknologi


Bahaya Penyalahgunaan Teknologi
Berbicara tentang teknologi mungkin akan ada habisnya kawan , setiap saat teknologi berkembang dengan pesatnya. Bahkan teknologi sering dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan zaman , lantas apakah semua kemajuan teknologi tersebut selalu memberikan dampak yang positif ? Hmmm… sepertinya perlu dikaji lebih lanjut lagi deh.

Kemajuan teknologi di semua bidang memang memberikan dampak yang positif , jika dipandang sesaat. Tetapi jika kita mau mengamati lebih mendalam , penyalahgunaan teknologi akan memberikan dampak yang negatif bagi semua elemen lho. Kita ambil beberapa contoh aja mulai dari zaman penjajahan , kemajuan teknologi dibidang senjata membuat negara – negara adi kuasa pada perang dunia ke-2 membuat persenjataan yang sangat berbahaya bagi keselamatan manusia dan alam.

Amerika serikat membuat bom atom yang dijatuhkan di kota Heroshima dan Nagasaki , Jepang. Bom tersebut menelan korban 140.000 jiwa di kota Heroshima dan 80.000 jiwa di kota Nagasaki. Sejak kejadian tersebut masih banyak korban jiwa yang berjatuhan karena luka atau sakit ,  karena berhububngan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom atom. Tidak hanya itu , sampai sekarang pun penduduk yang dulu tinggal dikedua kota tersebut masih mengalami cacat mental dan fisik pada semua keturunannya ditambah lagi dengan kerusakan lingkungan yang sampai saat ini masih belum bisa diperbaiki. Kebayang nggak sih gimana mematikannya dampak dari bom tersebut?

Oke , sudah cukup membicarakan masa lalu , daripada nanti malah tambah miris mendengarnya. Kita ungkap fakta yang terjadi sekarang sebagai dampak penyalahgunaan teknologi. Tentu kawan-kawan masih ingat kan betapa repotnya dulu jika harus kirim surat untuk tahu kabar seseorang nan jauh disana ? “Halah lebay” Sekarang dengan adanya jaringan komunikasi telepon atau handphone (HP) , kawan-kawan bisa dengan mudah berkomunikasi dengan seseorang yang jauh tanpa harus bayar mahal dan menunggu balasan yang lama. Semakin lama fasilitas dalam HP semakin lengkap saja


yang dahulu cuma bisa untuk sms dan telepon , sekarang sudah banyak dilengkapi dengan fasilitas untuk memotret dan merekam video , memutar musik , nonton TV , dan tentu saja fasilitas On-line yang juga sudah disediakan. Akan tetapi dengan semua kelengkapan fasilitas pada HP tersebut tidak membuat orang tambah kreatif , melainkan cenderung glamour atau sekedar untuk bergaya saja. Padahal belum tentu semua fasilitas yang disediakan tersebut dapat dia gunakan. Aneh memang , tapi itulah faktanya. Anak – anak muda dan remaja sekarang cenderung nggak mau pakai HP jika bukan HP yang canggih seperti Blackberry , i-phone dan masih banyak lagi. Nah yang lebih parah lagi , banyak anak muda dan remaja menggunakan fasilitas-fasilitas yang lengkap pada HP tersebut untuk hal-hal yang tidak baik , seperti menyimpan foto/gambar dan video porno dalam HP , menggunakan fasilitas internet (jika ada) pada saat jam-jam pelajaran sekolah , dll.

Hmm… sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang tidak baik dari penyalahgunaan teknologi. Tapi sepertinya terlalu panjang deh jika semua dibicarakan, nanti bisa panjang x lebar = luas , hehehe. Pada hakekatnya dampak positif atau negative dari kemajuan teknologi tergantung dari penggunaannya kok kawan. Jika kita dapat menggunakannya sesuai dengan prioritas , mungkin akan banyak memberikan dampak yang positif. Akan tetapi jika kita menggunakannya hanya untuk gaya hidup (lifestyle) dan tidak pada prioritas kebutuhan mungkin akan memberikan dampak yang negatif. “Weess keren bahasane, sok bijak” hehehe.
Jadi kesimpulannya , gunakanlah teknologi sebaik-baik dan sebenar-benarnya , jangan salah gunakan teknologi untuk sesuatu yang tidak perlu dan dapat merugikan semua pihak , termasuk diri kita sendiri. Jangan jadikan diri kita sebagai budak dari teknologi , tapi jadikan diri kita sebagai pengguna teknologi yang baik dan dapat memberikan banyak manfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.
0 Komentar untuk "Bahaya Penyalahgunaan Teknologi"

Back To Top